Cara Membuat Kopi Sendiri ala Barista di Coffee Shop

Kopi kok pake wiski, mending kopi campur jus jahe tuh mantul om.
Tahun 2018.... Bartender jawara internasional make redlabel campur kopi n esbatu..... N gelasnya di asepin lilin aroma kelapa.... Incip segelas n.... Muka merah smua tapi ngga puyeng mabok malah melek...
 
Pengalaman dapat kopi kayak di cafe-cafe pakai alat dari bosch TIE20504 . Buat kopi langsung dari biji kopi plus tinggal 2 -3 pencet tombol jadi.
 
Cara Membuat Kopi ala Barista :


1. Biji Kopi
Jika Anda ingin mendapatkan rasa kopi nikmat seperti di coffee shop, maka pastikan kalau biji kopi tersebut berkualitas. Jangan gunakan kopi instan kemasan yang sudah diolah. Pilihlah biji kopi yang masih segar atau baru disangrai, sehingga memunculkan aroma yang nikmat dan harum.

2. Giling Kopi
Setelah biji kopi di sangrai, maka kini waktunya untuk menggiling. Pilihlah grinder atau penggiling biji kopi yang berkualitas sehingga hasilnya pun tetap baik. Saat menggiling kopi, pastikan alat giling tersebut atau grinder bersih dan bebas dari aroma lainnya, karena bisa mempengaruhi rasa juga aroma kopi nantinya.

3. Rasio Perbandingan Kopi dan Air
Rasio ini juga bisa mempengaruhi rasa akhir nantinya. Sebaiknya jangan gunakan air terlalu banyak karena akan membuat rasa kopi tawar, begitu juga sebaliknya, jangan menggunakan air terlalu sedikit karena akan membuatnya pahit. Rasio yang tepat adalah setiap 1 gram bubuk kopi diseduh dengan 15 cc air.

4. Suhu Air Panas
Suhu pada air panas yang digunakan juga akan mempengaruhi rasa pada kopi. Maka, cara membuat kopi seenak coffee shop tak bisa sembarangan. Sebaiknya, gunakan air panas yang bersuhu 89-96 derajat celcius. Air panas mendidih justru akan merusak kualitas kopi dan berpengaruh pada rasanya.

5. Pakai Susu atau Creamer?
Jika ingin rasanya lebih kaya, maka sebaiknya gunakan susu pasteurisasi atau UHT. Susu UHT sangat pas dipadukan dengan espresso atau kopi lainnya. Susu juga bisa memberikan rasa manis pada kopi dibandingan creamer yang hambar.

6. Teknik Dripper
Coffee drip atau dripper adalah metode membuat kopi dengan mengandalkan air menetes perlahan setelah bubuk kopi diseduh dengan air panas. Pertama, Anda bisa menuangkan air panas ke dalam kettle yang sudah berisi bubuk kopi dengan wadah dripper. Lalu, tuangkan air sedikit demi sedikit atau sekaligus semuanya perlahan. Teknik menuangkan air ini yang mempengaruhi dan memanipulasi pergerakan bubuk kopi saat dilalui di air panas.

7. Membuat Kopi dengan Cafflano Klasik
Dengan tips cara membuat kopi diatas, maka Anda bisa menikmati kopi enak dirumah tanpa harus beli di coffee shop. Selain teknik dan bahan yang berkualitas, Anda juga butuh alat pembuat kopi yang praktis, seperti Cafflano Klassic. Cafflano Klassic merupakan termos kecil yang di dalamnya terdapat cup tumbler dripper hingga mesin penggiling kopi. Alat ini juga sangat baik untuk menghasilkan kopi nikmat karena bahannya yang anti-karat sehingga aman dan tahan lama.




NB: Maaf jika nubi salah lapak. Harap maklum. Terimakasih
mantap bisa buka coffee shop bentar lagi
 
ijint tanya
anek kan coba2 bikin kopi susu gula aren

ane pakenya kopi nya dari nescafe gitu, ane pikir supaya gampang g aperlu nyetok sih

kalau menurut agan gimana pake nescafe? kalau misal kita bikin kopi nya dari seduhan kopi kapal api trus disaring gitu gimana ?bisa ga sih ?
 
Back
Top